Memahami Apa itu Akuntansi Syariah

    
Akuntansi Syariah adalah akuntansi berprinsip islami yang menjauhkan dari hasil mendapatkan keuntungan yang berasal dari kebathilan dan memakai Al-Qur'an dan Hadits sebagai pedoman dalam  melakukan pencatatannya sehingga, hal-hal yang dikerjakan tidak hanya dipertanggung jawabkan kepada manajemen tetapi juga akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT.

      Rasulullah SAW sendiri pada masa hidupnya juga telah mendidik secara khusus beberapa sahabat untuk menangani profesi akuntan dengan sebutan “hafazhatul amwal” (pengawas keuangan). Bahkan Al Quran sebagai kitab suci umat Islam menganggap masalah ini sebagai suatu masalah serius dengan diturunkannya ayat terpanjang , yakni surah Al-Baqarah ayat 282 yang menjelaskan fungsi-fungsi pencatatan transaksi, dasar-dasarnya, dan manfaat-manfaatnya, seperti yang diterangkan oleh kaidah-kaidah hukum yang harus dipedomani dalam hal tersebut. Sebagaimana pada awal ayat tersebut menyatakan “Hai, orang-orang yang beriman apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkannya………”

       Dalam mencatat kita juga tidak boleh mengubah apa yang seharusnya dicatat karena akan dampaknya akan merugikan banyak orang, hal ini tercantum dalam surah Asy-Syu’ara ayat 181-184 yang berbunyi:”Sempurnakanlah takaran dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang merugikan dan timbanglah dengan timbangan yang lurus. Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan dan bertakwalah kepada Allah yang telah menciptakan kamu dan umat-umat yang dahulu.” 
     

0 komentar:

Posting Komentar